Kamis, 27 Maret 2014

IDENTIFIKASI PELUANG USAHA BARU




LENA ROSMARIANI T_44212170_2DA02
   


IDENTIFIKASI PELUANG USAHA BARU


§  Orientasi Eksternal dan Internal
Keingintahuan dan minat pada apa yang terjadi di dunia merangsang orientasi Eksternal Orientasi internal merangsang penggunaan sumber daya-sumber daya pribadi untuk mengidentifikasi peluang venture baru.

Orientasi Internal didapat dari :
Tiga Tahap penggunaan sumber daya – sumber daya internal yaitu:
1.      Analisa konsep hingga bisa terdefinisi dengan jelas, termasuk penguraian masalah yang perlu dipecahkan.
2.      Penggunaan daya ingat untuk menemukan kesamaan dan unsur-unsur yang nampaknya berhubungan dengan konsep dan masalah-masalahnya.
3.      Rekombinasi unsur-unsur tersebut dengan cara baru dan bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah dan membuat konsep dasar bisa dipraktekkan

Orientasi Eksternal didapat dari :
a.      Konsumen
Pemakaian barang dan atau jasa untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain dan makhluk hidup lain, memenuhi kebutuhan mereka yang mungkin belum terpenuhi oleh produk/jasa yang telah ada. Contohnya : kita tahu bahwa konsumen menginginkan adanya jasa pendidikan untuk anak-anak yang dibuat secara khusus.

b.     Perusahaan yang sudah ada
Melakukan pengamatan terhadap usaha-usaha yang kira-kira bisa diterima oleh pasar dan melakukan modifikasi atas usaha tersebut sehingga punya keunggulan yang lebih. contohnya: kita tahu bahwa batik ternyata sedang digemari oleh masyarakat, maka kita bisa membuka usaha toko atau produsen batik, tetapi dengan penambahan value tertentu (merek atau rancangan yang menarik). Perlu diingat, meskipun kita seakan-akan mencontoh dari usaha yang telah ada, kita tetap harus tunduk dengan aturan yang berlaku, misalnya aturan tentang hak paten.

c.      Saluran distribusi
Lokasi  kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunanya sesuai dengan yang diperlukan.
Mendapatkan ide usaha/produk baru dari saluran distribusi karena merekalah yang langsung berhubungan dengan konsumen sehingga biasanya lebih paham tentang keinginan konsumen. Contohnya : saat ini kita sudah memproduksi keripik yang dititipkan ke warung-warung (warung di sini termasuk saluran distribusi), maka kita bisa meminta masukan dari si pemilik warung, kira-kira jenis jajanan apalagi yang disukai oleh konsumen

§  Sumber Gagasan Bagi Produk dan Jasa Baru :
o     Kebutuhan akan sumber penemuan
o    Hobi atau kesenangan pribadi
o     Mengamati kecenderungan-kecenderungan
o   Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
o   Mengapa tidak terdapat ?
o   Kegunaan lain dari barang-barang biasa
o   Pemanfaat produk dari perusahaan lain

Ø  Proses Perencanaan dan Pengembangan Produk :
1.      Tahap Gagasan
Proses pengembangan produk baru berawal dari pencarian ide. Ide produk baru dapat berasal dari sejumlah sumber, misalnya departemen riset dan pengembangan, konsumen, ilmuwan, pesaing, karyawan (terutama wiraniaga), anggota saluran distribusi (distributor), dan manajemen puncak. Biasanya gagasan yang muncul dari sisi teknologi pemisahaan cenderung akan dirunuskan dalam technological terms (misalnya, gagasan mobil baru didasarkan pada desain yang diperbaiki untuk aerodinamis) atau karakteristik fisik (seperti ponsel baru yang lebih ringan dan kecil). Bila gagasan berasal dari konsumen atau distributor, kecenderungannya adalah bahwa ide tersebut dijabarkan dalam konteks manfaat pemecahan masalah (misalnya, koper atau tas yang dapat mudah dimasukkan ke dalam overhead compartment di pesawat). Oleh sebab itu, konsep produk baru harus dinyatakan dalam dua aspek:
·       Spesifikasi manfaat yang bakal diterima oleh para pelanggan potensial.
·       Definisi atribut fisik atau teknologi yang dapat menghasilkan manfaat-manfaat tersebut.

2.      Tahap Konsep
Tahap penyaringan ide terdiri atas sejumlah aktivitas yang dirancang untuk mengevaluasi suatu konsep produk baru. Konsekuensinya, akan ada banyak konsep baru yang dieliminasi dalam tahap ini. Setidaknya, informasi yang diperoleh dalam tahap penyaringan dapat membantu pihak manajamen untuk:
·       Memproyeksikan tingkat permintaan potensial.
·       Mengidentifikasi peluang keberhasilan produk.
·       Memperkitakan tingkat kanibalisasi



3.      Tahap Pengembangan Produk
Ide-ide yang menarik harus disempurnakan menjadi konsep produk yang dapat diuji. Ada perbedaan antara ide produk, konsep produk, dan citra produk. Yang dinamakan ide produk adalah produk yang mungkin ditawarkan perusahaan ke pasar. Konsep produk merupakan versi yang lebih rinci dari suatu ide yang dinyatakan dalam istilah yang dimengerti konsumen. Sedangkan citra produk ialah gambaran khusus yang diperoleh konsumen mengenai produk yang masih potensial ataupun yang sudah aktual.
Pengembangan produk merupakan upaya teknis yang mengubah suatu konsep menjadi produk nyata (working product).

4.      Tahap Uji Pemasaran
Tujuan tahap ini adalah untuk:
1)      Memberikan penilaian yang lebih rinci mengenai peluang sukses produk baru.
2)      Mengidentifikasi penyesuaian-penyesuaian akhir yang dibutuhkan untuk produk, dan
3)      Menetapkan elemen-elemen penting dalam program pemasaran yang akan digunakan untuk memperkenalkan produk di pasar.

5.      Tahap Komersialisasi
Tahap komersialisasi menyangkut perencanaan dan pelaksanaan strategi peluncuran (launching strategy) produk baru ke pasar.
5 langkah untuk merumuskan tujuan bauran produk – pasar :
1.     Pemeriksaan kecenderungan penting dalam lingkungan bisnis dari daerah produk pasar.
2.     Pemeriksaan kecenderungan pertumbuhan dan kecenderungan keuntungan
3.     Pemisahan bidang produk – pasar yang akan menarik ke depan maupun daerah yang akan tertarik
4.     Pertimbangan mengenai kebutuhan atau diperlukannya tambahan produk atau daerah pasaran baru pada bauran
5.     Derivasi profil bauran produk – pasar optimum namun realistis didasarkan pada kesimpulan yang dicapai pada langkah 1 sampai 4

Ø  Produk Yang Sesuai Untuk Perusahaan Kecil

            Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan kecil untuk penciptaan suatu produk :
-  Untuk pemilihan produk, perusahaan harus memperhatikan pada sumber daya uang, tenaga kerja dan fasilitas yang dimiliki
-  Pemilihan segmen pasar yang memungkinkan
-  Untuk produk atau proses yang disuplai kepada perusahaan lain hendaknya sangat kecil volumenya sehingga tidak menarik minat para pelanggannya untuk memproduksinya sendiri
-  Tingginya nilai tambah. Keuntungan harus lebih besar dari biaya
-  Rentang waktu yang diperlukan untuk penyelesaian produk atau proses

 
Ø  Arti Penting Orientasi Pemasaran
             Penyebab gagalnya bisnis kecil adalah kurangnya penjualan dan kurangnya daya saing wirausahawan harus berorientasi konsumen

Ø  Matriks Produk – Pasar
            5 langkah untuk merumuskan tujuan bauran produk – pasar :
 Pemeriksaan kecenderungan penting dalam lingkungan bisnis dari daerah produk – pasar
 Pemeriksaan kecenderungan pertumbuhan dan kecenderungan keuntungan
 Pemisahan bidang produk – pasar yang akan menarik ke depan maupun daerah yang akan tertarik
 Pertimbangan mengenai kebutuhan atau diperlukannya tambahan produk atau daerah pasaran baru pada bauran
 Derivasi profil bauran produk – pasar optimum namun realistis didasarkan pada kesimpulan yang dicapai pada langkah 1 sampai 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar